Modul adalah sebuah file yang berisikan sekumpulan kode fungsi dan global variabel yang disimpan dalam ekstensi .py. Kenapa ada modul? untuk memecah satu file program besar menjadi beberapa file kecil agar mudah diatur dan diorganisir.

Modul juga bersifat reusable yang berarti satu modul itu dapat dipakai berulang - ulang dimanapun ia diperlukan.


Buat Modul


Membuat modul sama halnya saat kita membuat sebuah file python. Contoh nya kita akan membuat modul bernama modulku.py yang berisi sebuah fungsi untuk menambahkan angka.

def tambahDong(a, b):
    return a + b

Simpan kode ini dengan nama file modulku.py


Menggunakan Modul


Kita sudah membuat modul bernama modulku.py, sekarang coba kita gunakan modul tersebut. Kita buat file baru lagi di folder yang sama dengan modulku.py.

Kali ini kita beri nama main.py.

import modulku

hasil = tambahDong(27, 42)
print(hasil)

Keyword import digunakan agar kita bisa menggunakan seluruh resource pada modul yang kita import. Contoh resource yang kita gunakan adalah fungsi tambahDong.


Reusable Modul


Sudah saya singgung tadi, bahwa sebuah modul sebisa mungkin bersifat reusable. Hal ini diperuntukan agar kode yang ditulis lebih efisien dan fleksibel. Seperti halnya modul yang kita buat tadi, dapat digunakan dimana pun karena tujuannya hanya menambahkan angka.

Tetapi kita kadang kesulitan untuk membuat modul atau fungsi yang reusable. Dikarenakan karena kurangnya pengalaman atau ilmu yang kita punya.