Jika kita ingin membuat aplikasi dari python, maka kita butuh sebuah alat untuk merealisasikannya. Disini kita akan berkenalan dengan 2 environment dalam membuat program.


Text Editor


Text Editor adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk untuk membuat, mengubah atau mengedit file teks yang ada berupa plain text. Akan tetapi kebanyakan Text Editor digunakan untuk membuat source code aplikasi berdasarkan bahasa pemrograman yang dipakai.

Saya akan mengenalkan sebuah Text Editor yang sangat powerfull dan juga penuh dengan fitur yaitu Visual Studio Code.

Python Environment Text Editor
Dashboard Awal Visual Studio Code

Text editor ini sangat digandrungi oleh kalangan programmer karena fitur yang dimilikinya seperti :

  • Lightweight : Text editor ini sangatlah ringan. Walaupun lebih ringan Sublime, tapi dibandingkan text editor lain tetaplah lebih ringan VSC.

  • UI / UX Design : Memiliki UI yang elegan dan juga UX yang simple.

  • VCS Integration : Integrasi langsung dengan git.

  • Extension : Ini adalah fitur favorit saya. VSC memiliki banyak sekali Extension yang tersedia pada Marketplace nya.

Disini kalian dapat mengunduh Visual Studio Code pada web resminya Download dan jangan lupa sesuaikan dengan sistem operasi yang kalian pakai.

Python Environment Text Editor
Workspace pada Visual Studio Code

Visual Studio Code ini Gratis dan memiliki MIT License. Sehingga kalian dapat berkontribusi untuk mengembangkan aplikasi ini.


Integrated Development Environtment (IDE)


Integrated Development Environment (IDE) adalah aplikasi yang mempunyai beragam fasilitas untuk membantu kita dalam mengembangkan sebuah Software Application, atau dengan kata lain Aplikasi untuk membuat Aplikasi.

Disini saya akan memperkenalkan IDE yang cukup digandrungi oleh para programmer python lainnya, yaitu PyCharm. Mungkin masih banyak IDE selain ini, akan tetapi menurut IDE ini powerfull dan juga penuh dengan fitur.

Python Environment IDE
Loading Awal PyCharm Community

Bagi kalian yang ingin belajar tentang IDE ini mungkin saya sarankan menggunakan versi Community Edition. Walaupun tidak selengkap versi Professional Edition namun cukup untuk mengembangkan aplikasi anda.

Karena memiliki beberapa fitur penting seperti Intellegent Editor, Debugger, Refactoring, Inspection, VCS Integration dan fitur - fitur lainnya. IDE ini memiliki dua versi yaitu Professional Edition dan Communitty Edition.

Disini kalian dapat mengunduh versi Community Edition Download, sesuaikan dengan sistem operasi yang kalian pakai.

Untuk installasi cukup mudah dilakukan, yang kalian perlukan hanyalah mengikuti instruksi pada file installer.

Python Environment IDE
Tampilan Workspace pada PyCharm

Akan tetapi IDE seperti PyCharm ini memiliki beberapa kelemahan pada resource yang dipakai. RAM yang dipakai PyCharm semakin lama akan semakin membengkak sehingga akan mempengaruhi performance dari PC yang digunakan.


Kesimpulan


Jika kalian ingin membuat project aplikasi dengan skala besar serta bekerja bersama tim, mungkin saya akan merekomendasikan menggunakan IDE seperti PyCharm diatas. Karena fitur serta environment nya dikhususkan untuk pembuatan project aplikasi skala besar.

Akan tetapi jika kalian hanya sekedar untuk membuat project aplikasi personal atau skala kecil atau hanya sekedar Belajar. Saya sarankan menggunakan Text Editor seperti Visual Studio Code. Selain ringan dan juga mudah digunakan, VSC memiliki beberapa fitur yang berguna untuk media pembelajaran ataupun membuat aplikasi.