Pertanyaan Dari Seorang Teman


Ada seorang teman bertanya kepada saya, “bro, mending jadi programmer web atau programmer mobile?" ketika itu saya belum bisa memberikan jawaban yang pasti. Karena banyak faktor yang mempengaruhi seorang programmer untuk menentukan passion yang akan ia tuju.

Saat teman saya mengajukan pertanyaan itu, dia sedang diberi pilihan untuk mengikuti pelatihan junior programmer yang berisi materi dasar web atau mobile. Ia juga menjelaskan kenapa dia memilih pelatihan menjadi programmer, Tapi dia malah terjebak untuk memilih antara dua pilihan web atau mobile.


Jawaban Atas Pertanyaan


Saya menjelaskan secara perlahan tentang apa saja yang akan ia dapatkan ketika memilih program latihan web atau mobile. Lalu saya memberi sebuah jawaban, “Mungkin lebih baik kamu mulai dari web”. Kenapa saya memilih web sebagai jawaban awal? ada beberapa kondisi yang saya perhatikan dalam memulai koding.

Pertama adalah tingkat kemudahan dalam mempelajari modul pemrograman web. Untuk orang yang memulai belajar kode, HTML , CSS dan JavaScript adalah hal yang menarik. Dengan membuat web static dengan tampilan seadanya bagi orang yang baru mulai belajar itu adalah hal yang luar biasa. Untuk backend, dasar pemrograman PHP dengan MySQL termasuk modul yang mudah dipelajari orang yang baru belajar.

<!-- ini adalah contoh script HTML untuk membuat template web -->
<html>
  <head>
    <title>My Web</title>
  </head>
  <body>
    <h1>Selamat! Ini Web Pertama Mu!</h1>
  <body>
  <footer>
    <p>Copyright AnbiDev</p>
  </footer>
</html>

Selanjutnya, spesifikasi PC atau laptop yang diperlukan untuk menjalankan aplikasi pendukung saat membuat web juga terhitung ringan. Karena untuk memulai men-develop sebuah web, aplikasi yang harus terinstall sekedar web browser(Google Chrome, Mozilla Firefox atau Microsoft Edge) dan text editor(Sublime, Notepad++ atau VSCode).

Jika ingin membuat web dengan model server-client , hanya membutuhkan aplikasi XAMPP , untuk membuat server localhost yang terdiri dari Apache HTTP Server, MySQL database, dan penerjemah bahasa yang ditulis dengan bahasa pemrograman PHP dan Perl.

. . .

Lalu, untuk produk web pada era teknologi seperti ini, sudah sangatlah unggul dibandingkan bidang - bidang lainnya. Jika kita berhasil membuat website profesional, hal ini akan membuka prospek yang baik bagi kita. Skill dalam membuat website sangatlah dibutuhkan dalam masyarakat.

Ambil contoh sebuah toko distro baju, mereka butuh promosi untuk produk mereka, akhirnya mereka akan mencari seseorang yang dapat membuat web untuk memasarkan produk mereka.

Tidak hanya masyarakat yang butuh programmer web, industri dan perusahaan pun sama. Mereka juga butuh programmer yang dapat membuat web secara professional untuk kebutuhan mereka. Mulai dari Company Profile atau Web Application bahkan Online Shop untuk menjual produk - produk mereka.

Komunitas web programmer ada dimana - mana. Kita dapat berinteraksi dengan mereka melalui media sosial. Mulai dari berdiskusi , tanya jawab serta meetup bersama prorammer - programmer lainnya. Jika kita menemui suatu masalah tentang bug atau error pada program kita, banyak sekali forum atau website yang dapat memberi solusi terkait masalah tersebut.

Lalu bagaimana dengan programmer mobile(Android/iOS)?


Kenapa Tidak Mulai Dari Programmer Mobile?


Programmer mobile (Android / iOS), seorang programmer yang membuat aplikasi yang dikhususkan untuk perangkat mobile. Saya hanya akan mengambil contoh pembuatan aplikasi yang paling populer yaitu Android dan iOS, karena sejatinya terdapat jenis aplikasi mobile yang berkembang luas, dan beberapa diantaranya sudah tergerus oleh zaman (Contoh: JAR).

Tidak salah untuk memulai belajar membuat aplikasi mobile. Akan tetapi jika kita belum memiliki dasar pemrograman yang baik, alangkah baiknya belajar tentang Bahasa Pemrograman yang dibutuhkan untuk membuat aplikasi mobile. Supaya kita mengerti logika, alur dan fungsi dari kode yang kita buat. Percuma kita membuat sebuah aplikasi tapi source code-nya hasil salinan dari website tutorial.

Ada beberapa persiapan saat memulai membuat aplikasi mobile. Seperti yang saya katakan sebelumnya, paling tidak harus mengerti tentang Bahasa Pemrograman yang akan dipakai.

Lalu, untuk spesifikasi laptop dan PC yang dibutuhkan untuk men-develop aplikasi mobile terhitung cukup tinggi. Ambil contoh Android Studio, Sebuah IDE Resmi yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi android. Memiliki spesifikasi :

CPU : i3 or More
RAM : 4 GB (Minimum) atau 8 GB (Recommended)
HDD : > Minimal Disk Kosong 2 GB)

Ini adalah spesifikasi minimal agar Android Studio dapat berjalan NORMAL. Karena kemungkinan besar saat develop aplikasi terjadi, semakin kompleks aplikasi yang dibuat, semakin besar resource yang dibutuhkan Android Studio.

RAM dan kecepatan baca HardDisk menjadi kunci utama dalam lancar tidak nya IDE ini. Laptop saya pun yang awalnya hanya memiliki spesifikiasi minimal untuk menjalankan Android Studio, harus saya upgrade karena kebutuhan aplikasi yang ingin saya develop.

Spesifikasi laptop sekarang :

CPU : i5 8400
RAM : 8 GB
SSD : 128 GB

Jika ingin memulai belajar membuat aplikasi android dengan spesifikasi dibawah minimal, mungkin perlu kesabaran ekstra saat build Gradle, debugging program android saat menggunakan virtual environment atau yang paling parah (yang pernah saya alami) lag saat menulis koding.

Disisi yang lain, prospek kedepan untuk programmer mobile khususnya android sangat baik. Bahkan bisa lebih baik daripada programmer web. Karena kebutuhan aplikasi android bagi masyarakat dan industri pun semakin meningkat. Google Play Store adalah pasar yang sangat menguntungkan bagi para developer android.

Ambil contoh, Yusup Suparman yang telah membuat 51 aplikasi dan telah dipasang di Google Play Store melalui Google Console. Aplikasi nya sudah di unduh lebih dari 40 ribu pengguna dan memiliki estimasi penghasilan sampai $6000 USD. Ini adalah salah satu contoh dari sekian banyak programmer android yang sukses dalam bidang ini.

Sedangkan banyak sekali industri dan startup yang menyerap bibit programmer mobile. Mau itu yang masih junior atau pun senior. Prospek yang sangat menguntungkan bukan, apalagi di era yang sekarang. Masih banyak peluang - peluang lain untuk aplikasi mobile yang berkembang sangat pesat saat ini.


Jadi Kesimpulannya?


Semua nya perlu Usaha, Komitmen dan Ide.

Asalkan kamu mau terus belajar, semakin kamu tahu semakin banyak juga yang tidak kamu ketahui. Banyak sekali tantangan yang akan kamu hadapi. Perasaan saat menemukan jawaban dari suatu permasalahan saat koding adalah kenikmatan hakiki.

Web atau Android yang ingin kamu pilih, pada dasarnya semua tergantung dari hati nuranimu. Saya menulis artikel ini agar bisa membantu dalam menentukan mulai dari mana kamu belajar, bukan berarti kamu harus mengesampingkan yang lain. Karena passion setiap orang berbeda - beda.

Information Technology salah satu bidang dengan perkembangan yang sangat pesat, kita tidak tahu apa yang terjadi di masa depan. Manusia masih bisa berkembang dan berevolusi, mungkin pada titik itu programmer pekerjaan yang paling banyak diminati.

Selamat Menikmati Hidup.