Java VS Kotlin

Dalam membuat aplikasi mobile, kita memiliki banyak pilihan bahasa pemprogramman mulai dari Java, Kotlin, C++, C# (Xamarin), LUA (Corona), JavaScript (PhoneGap). Dari semua pilihan tersebut, banyak developer memilih Java dan Kotlin sebagai dasar untuk memprogram aplikasi Android. Tetapi, untuk tahun 2020, mana yang lebih bagus atau yang lebih mudah dipelajari? Mari kita simak selengkapnya.


Jumlah kode


Dalam pembuatan data class pada Java dan Kotlin sudah terlihat berbeda. Contohnya

Person.java

class Person {

    private final String name;
    private int age;

    public Person(String name, int age) {
    	this.name = name;
        this.age = age;
    }

    public String getName() { return name; }
    public int getAge() { return age; }
    public void setAge(int age) { this.age = age; }
}

Person.kt

data class Person(
	val name: String,
    var age: Int
)

Dari kode diatas sudah menunjukkan bahwa kode Kotlin lebih ringkas dari Java yang dimana Kita dapat menghemat waktu dalam menulis kode.


Support By Google


Kotlin tersupport langsung oleh Google, sedangkan Java tidak. Yang berarti Kotlin akan selalu up-to-date jika Android Studio mengalami update yang besar.

“Google Support untuk Kotlin”
Google Support untuk Kotlin


Resource Pembelajaran


Jika kalian mencari tutorial tentang Android Development, maka Anda akan menemukan banyak sekali tutorial Android menggunakan Java. Tetapi, pastikan hal tersebut up-to-date, jangan asal langsung menerima tutorial tanpa melihat versi dari Android.

Jika kalian ingin belajar materi Android terbaru, pasti sudah jarang yang menggunakan Java. Mereka lebih memilih Kotlin sebagai bahasa utama mereka karena lebih mudah dipelajari. Jika Anda stuck pada Tutorial Hell Android yang masih menggunakan versi yang lama, silahkan kunjungi link ini.


Null Safety


Jika kalian pernah menggunakan Java dan menemukan error NullPointerExceptions, hal ini terjadi karena kode Java yang dieksekusi ada pemanggilan object atau variable yang belum diinialisasi. Kotlin sudah dapat mengatasi hal tersebut sehingga Kita aman jika membuat object atau variable yang bersifat null.


Multiplatfrom


Dengan Kotlin, Anda dapat mendevelop aplikasi IOS karena Kotlin terbuat dari Java yang dapat dioperasikan menggunakan JVM (Java Virtual Machine). Berbeda dengan Java yang hanya pemprogramman dasar dari Android. Penjelasan lebih lanjut tentang Kotlin multiplatfrom silahkan klik disini.

“WebPage untuk Kotlin”
WebPage untuk Kotlin


Kesimpulan


Q: Kenapa masih banyak orang masih menggunakan Java?

Karena mereka masih berada di zona aman mereka yang dimana sudah “nyaman” menggunakan Java dan tidak ingin mencoba hal yang baru. Tetapi jika Anda sudah mencoba Kotlin dan lebih suka dengan Java hal tersebut juga tidak apa-apa.

Q: Tetapi kenapa perusahaan masih menginginkan menggunakan Java…

Hal tersebut dapat terjadi dan itu diluar kendali Anda. Tetapi, jika Anda ingin melatih skill Anda tentang Android Development dan ingin tetap up-to-date. Jadi jika Anda ingin menjaga reputasi Anda di perusahaan gunakan saja Java dahulu, anda dapat melatih skill Kotlin sedikit demi sedikit. Tetapi jika Anda ingin serius atau fokus pada Android Development. Learn Kotlin.

Happy Code y’all