Property
Property adalah variabel
yang ada di dalam sebuah class. Property dapat diakses dengan menggunakan tanda titik (.
) setelah nama class. Property dapat diakses secara langsung atau melalui getter
dan setter
. Property dapat diakses secara langsung jika property tersebut memiliki modifier public
. Property dapat diakses melalui getter dan setter jika property tersebut memiliki modifier private
. Berikut contoh penggunaan property:
class Person {
String name = 'Messi';
int age = 0;
}
Pada class Person
di atas kita membuat property name
dan age
. Property name bertipe data String
dan property age bertipe data int
. Selanjtnya bagaimana cara kita akses property tersebut
void main() {
Person person = Person();
person.name = "John";
person.age = 20;
print(person.name);
print(person.age);
}
Method
Method adalah fungsi
yang ada di dalam sebuah class. Sama seperti cara pembuatan fungsi pada materi sebelumnya, berikut cara membuat method di dalam class.
class Person {
String name = 'Messi';
int age = 0;
void eat() {
print('$name is eating');
}
}
Pada class person di atas kita membuat method eat
. Method eat tidak memiliki parameter. Method eat akan mencetak nama dari property name yang ada di dalam class person. Selanjutnya bagaimana cara kita akses method tersebut
void main() {
Person person = Person();
person.name = "John";
person.age = 20;
person.eat();
}
Bonus: Cascade Notation
Cascade Notation
adalah cara untuk memanggil method atau property secara berurutan tanpa harus membuat variabel baru. Berikut contoh penggunaan cascade notation. Ini merupakan fitur yang ada di Dart
void main() {
Person person = Person();
person
..name = "John"
..age = 20
..eat();
}
Dengan begitu kita tidak perlu redundant
menuliskan nama variabel cukup dengan ..nama_method()
atau ..nama_property = nilai
.